Kegiatan pengabdian kepada mitra sasaran dilaksanakan pada 23 Juli 2023 dengan melakukan study tour ke pabrik kosemtik PT. Bali Asli Alami yang berlokasi di Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali. Kegiatan dilakukan dengan mengajak 2 mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi dan 7 mahasiswa Program Stdui Diploma Tiga Farmasi Fakultas Farmasi Unmas Denpasar. Kegiatan study tour ini merupakan rangkaian terakhir dari pengabdian dalam pendampingan formulasi face mist dengan bahan alam. Pengabdian diawali dengan konsolidasi bahan alam yang ingin dikedepankan dalam pembuatan face mist. Kemudian pelaksana pengabdian melakukan studi literatur terhadap formula face mist yang mudah diformulasikan dan dapat memanfaatkan bahan alam yang diberikan oleh PT. Bali Asli Alami. Selanjutnya pelaksana melakukan uji mutu fisik, uji stabilitas, uji Angka Lempeng Total dan Uji Angka Kapang Khamir pada sediaan face mist yang diformulasikan. Berdasarkan hasil uji tersebut, diperoleh formula face mist dengan mutu fisik baik, stabil dalam penyimpanan (uji stabilitas dilakukan selama 1 bulan), dan memenuhi kriteria ALT dan AKK yang dipersyaratkan oleh BPOM. Formula dan evaluasi mutu fisik dan mikroba selanjutnya diberikan kepada pengelola PT. Bali Asli Alami, untuk dapat dikaji lebih lanjut dalam perencanaan pengembangan face mist dari bahan alam tersebut.

Pemanfaatan bahan alam terutama mineral terus digiatkan oleh pelaku usaha kosmetik. Selain ramah lingkungan, penggunaan bahan alam dapat meminimalisir efek jangka panjang dalam penggunaan bahan sintetis. PT. Bali Asli telah berkecimpung dalam pembuatan sabun batang dan sabun cair organik yang bermanfaat untuk menghangatkan badan, melembutkan kulit, memberikan efek segar dan lain sebagainya. Sabun tersebut telah dipasarkan ke berbagai hotel, villa, spa baik dalam negeri maupun bekerja sama dengan pihak ketiga untuk dipasarkan di mancanegara.

Berdasarkan hasil study tour yang telah dilakukan, kami diperlihatkan dan diperkenalkan kepada bahan-bahan dan proses pembuatan sabun dimulai dari penyimpanan bahan baku, pengolahan, hingga pengemasan produk. Walaupun masih dilakukan secara tradisional, namun semua proses telah memenuhi persyaratan BPOM untuk industri kosmetik tipe B.