Pada hari Minggu, 27 Maret 2022 telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh tim dosen Departemen Farmasi Bahan Alam dan mahasiswa, Fakultas Farmasi, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Mitra yang terlibat adalah Ibu Ni Wayan Yastini, pemilik Usaha Kecil Rumahan (home industry) “Keripik Bu Mangku” yang terletak di Banjar Susut Kaja, Desa Susut, Kabupaten Bangli. Usaha ini didirikan pada tahun 2015 dan memiliki empat orang karyawan. Jenis produk yang dihasilkan antara lain adalah Keripik Singkong, Keripik Seledri, Keripik Kacang Kara, dan Keripik Ayam. Proses produksi dan pemasaran yang dilakukan oleh mitra ini masih secara sederhana.
Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra sasaran saat ini diantaranya adalah dalam bidang produksi dan pemasaran. Dalam bidang produksi, selain sistem produksi yang masih secara manual, jenis produk yang dihasilkan oleh mitra juga masih terbatas pada keripik. Hal ini menyebabkan terbatasnya pangsa pasar yang dimiliki oleh mitra. Pelatihan terkait difersivikasi produk sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan ketrampilan mitra. Pada kegiatan ini, dosen dari Departemen Farmasi Bahan Alam, Fakultas Farmasi, Universitas Mahasaraswati Denpasar, atas nama apt. Ni Made Dwi Mara Widyani Nayaka, S.Farm., M.S.Farm. memberikan penyuluhan terkait pembuatan serbuk instan dari loloh cemcem. Pengetahuan dan keahlian baru akan bermanfaat dalam upaya mitra untuk menjaga keberlangsungan usaha terutama selama pandemi COVID-19. Sementara itu, permasalahan dari segi pemasaran adalah terbatasnya area penjualan produk, dimana hanya di warung-warung lokal sekitar lokasi mitra. Hal tersebut menyebabkan volume produksi yang rendah serta penghasilan yang tidak dapat meningkat. Kendala pemasaran dapat diatasi dengan pengenalan pemasaran secara digital, dengan menggunakan media sosial, misalnya Instagram dan Facebook. Pada kegiatan ini, mahasiswa Fakultas Farmasi, Universitas Denpasar, atas nama Komang Sriyuni Indah Lestari, Luh Made Dewi Ariani, dan Anak Agung Ayu Ari Mahadewi memberikan pengenalan penggunaan sosial media sebagai media untuk pemarasan produk secara online. Adanya diversifikasi produk dan pemasaran secara online diharapkan dapat mendukung perkembangan usaha dari mitra sasaran. Pada akhir kegiatan pengabdian ini, mitra diharapkan mampu menghasilkan produk dengan varian baru dan memiliki pangsa pasar yang lebih luas.