Pada hari Senin, 23 Mei 2022 Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri 5 Melaya, Jembrana Bali. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tim dosen Departemen Farmasi Bahan Alam dan para mahasiswa. SMP Negeri 5 Melaya merupakan sekolah negeri yang terletak di Desa Ekasari, Kec. Melaya, Kab. Jembrana, Provinsi Bali. SMP Negeri 5 Melaya terdiri dari 325 orang siswa yang terdiri dari kelas 7,8, dan 9 serta 35 orang guru dan staff. Kegiatan edukasi diikuti oleh seluruh guru dan siswa SMP Negeri 5 Melaya. 

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh SMP Negeri 5 Melaya adalah belum maksimalnya pemanfaatan hasil kebun dan hutan sekolah. SMP Negeri 5 Melaya memiliki area hutan dan kebun sekolah yang sangat luas, yang ditanami dengan berbagai jenis tumbuhan. Kebun dan hutan sekolah ditanami dengan berbagai jenis tumbuhan obat seperti jahe, kunyit, temulawak, sereh, serta rimpang lainnya yang memiliki khasiat obat. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian masyarat dilaksanakan dengan terlebih dahulu memberikan edukasi bagi seluruh warna sekolah mengenai pemanfaatan bahan alam sebagai pangan fungsional dan natural additives. Selain itu, kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dalam pemanfaatan dan pengolahan bahan-bahan alam membatasi berkembangnya inovasi para siswa SMP Negeri 5 Melaya, sehingga hingga saat ini belum ada produk-produk inovatif yang dihasilkan dari bahan-bahan alam tersebut.  Sebagai solusi dari permasalahan ini, dibentuk kader-kader yang terdiri dari siswa dan guru yang diberikan pelatihan mengenai pengolahan bahan-bahan alam menjadi pangan fungsional dan natural additives.

Untuk mewujudkan peserta didik yang berwawasan lingkungan, SMP Negeri 5 Melaya mencoba untuk membiasakan para peserta didik untuk mengonsumsi makanan segar yang diolah dari produk alam ketimbang mengonsumsi produk pangan olahan pabrik. Meskidemikian, produk pangan olahan pabrik masih cukup banyak diminati terutama karena memiliki tampilan yang lebih menarik. Karenanya SMP Negeri 5 Melaya mengharapkan bahwa adanya edukasi mengenai penggunaan bahan tambahan pangan alami atau natural additives dalam penyiapan makanan-makanan yang diperjualbelikan. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan minat pada warga sekolah dan membuka wawasan bahwa bahan-bahan alam disekitar dapat dimanfaatkan sebagai produk-produk bernilai guna dan bernilai ekonomi.

Ibu Elly Kristini, S.Pd selaku kepala sekolah SMP Negeri 5 Melaya berterima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan. Melalui kegiatan tersebut, para guru dan siswa mulai memahami bahwa bahan-bahan alam yang ada di sekitar, bahkan yang belum banyak dieksplorasi, dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produks eperti pangan fungsional dan bahan tambahan pangan alami. Beliau berharap bahwa kegiatan dan Kerjasama ini dapat dilanjutkan kedepannya.